Loading
Play
Extreme Radio Show
Play
Extreme Radio Show

GET READY FOR EXTREME MOSHPIT AWARD 2021!

Usai gegap gempita Extreme Moshpit Award 2020 muncul dua kebutuhan utama yang harus dibuat dan dikelola secara kolektif. Kebutuhan pertama adalah optimalisasi jejaring pengarsipan musik di Indonesia, dan kebutuhan ke dua adalah optimalisasi jejaring media untuk memaksimalkan publikasi berbagai hal yang dibuat di ruang-ruang pengarsipan. Sepanjang 2020 dan 2021 Extreme Moshpit secara aktif mendukung berbagai program publikasi penelitian yang berangkat dari arsip dan dokumentasi. Dua di antaranya adalah publikasi film Gelora Saparua yang digarap oleh Alvin Yunata dan penulisan buku Bandung Bawahtanah yang digarap oleh Kimung. Di dalam tubuh Extreme Moshpit sendiri aktivitas pengelolaan rekaman dan profil yang masuk ke Drop Box terus dilakukan sebagai arsip yang menentukan tahun Extreme Moshpit Award 2021. 

Arsip merupakan jantung dari sebuah dinamika, pun di Extreme Moshpit Award 2021. Ia tercipta secara terus menerus selama dinamika berjalan dan merekam semua jejak pergerakannya. Arsip hadir sebagai bahan informasi untuk melakukan refleksi sekaligus pedoman penentuan strategi dan berbagai pengambilan keputusan. Publikasi arsip juga mendorong terbentuknya hal baru di musik ini yakni ranah konservasi yang dikelola secara sadar dan sinergis. Puluhan ruang hadir dalam upaya melakukan pengarsipan dan pendokumentasian musik. Mereka bergerak secara mandiri dan sinergis, mengolah kearifan lokal mereka sendiri. Ruang-ruang ini juga mendukung berbagai publikasi ilmiah sekaligus menginisiasi berbagai penelitian mandiri dan publikasinya. 

Gairah membangun narasi ini menjadi satu hal yang sangat penting dalam membangun denyut kehidupan masyarakat karena dari sanalah ruh sebuah pergerakan ditiupkan. Di Indonesia sendiri pembangunan narasi kebudayaan selalu menjadi masalah utama bagi masyarakat yang serius mengembangkan diri berdasarkan sejarah dan kearifan lokal tanah airnya. Narasi merupakan pedoman kuat untuk tetap berjejak kepada ibu pertiwi dan menemukan surga di bawahnya. Dari sanalah spirit yang mengakar tumbuh kuat dan saling menguatkan. 

Atas komitmen mendorong pergerakan pengarsipan di ranah musik ekstrim, Extreme Moshpit Award 2021 menambah kategori penghargaan, yakni THE EXREME MOSHPIT ICON serta THE EXTREME MOSHPIT HONORS. Kategori-kategori ini secara lateral berangkat dari spirit pentingnya pengarsipan musik dan tertatanya sistem akses terhadap arsip dan dokumentasi, serta bagaimana keberadaan pengarsipan dan pendokumentasian ini bisa mendorong maraknya penelitian ilmiah di ranah musik ekstrim dan publikasinya. Khusus THE EXTREME MOSHPIT HONORS penghargaan akan diberikan kepada empat ranah pergerakan pengarsipan yakni fotografer, pembuat film, ruang pengelola arsip, dan record store atau record dealer.

Selain kategori-kategori tersebut Extreme Moshpit Award 2021 tetap mengusung kategori-kategori yang telah ada sebelumnya, yakni THE MOST EXTREME ALBUM, THE MOST EXTREME ALBUM COVER, THE MOST EXTREME MUSIC VIDEO, THE MOST EXTREME RECORD LABEL, THE MOST EXTREME ROOKIE, namun untuk sementara menghilangkan kategori THE MOST EXTREME LIVE ACT. Perubahan juga terjadi di kategori THE MOST EXTREME ALBUM yang pada tahun ini secara fokus dibagi menjadi empat sub kategori, yakni THE MOST EXTREME METAL ALBUM, THE MOST EXTREME HARDCORE/PUNK ALBUM, THE MOST EXTREME ROCK ALBUM dan THE MOST EXTREME ALTERNATIVE MUSIC ALBUM.

Kategori-kategori Extreme Moshpit Award 2021 ini merupakan kurasi mutlak dari para panelis dengan dukungan penuh dari tim Extreme Moshpit Award 2021 agar bisa bekerja semaksimal mungkin untuk terus mengawal dan memfasilitasi berbagai hal yang mendukung kelancaran proses ini. Kami percaya, hasilnya nanti akan menjadi sangat luar biasa. Dan yang lebih penting, kami berharap ini akan menjadi pemicu yang bisa lebih menggairahkan industri musik tanah air, khususnya berbagai musik dengan pemikiran-pemikiran ekstrim dengan sajian-sajian terbaru baik dalam ideal, tata suara, tata visual, tata seni pertunjukan, hubungan sosial budaya, dengan pergerakan-pergerakannya.

Lebih dari itu, Extreme Moshpit Award 2021 juga merupakan persembahan untuk pendiri Extreme Moshpit, Aries Tanto atau Eben Burgerkill. Visi media yang ia bangun sejak dobrakan kebuntuan industri musik independen tahun 1990an, hidup selamanya bersama dengan denyut Extreme Moshpit dan kompleksitas ekosistem yang secara total ia persembahkan bagi dunia yang sangat ia cintai. Work on Brad!

Gong sudah ditabuh! Mari semua turun ke arena!

Submit album dan musik video kalian ke link berikut serta kirimkan rilisan fisik ke Extreme Moshpit Drop Box Jln. Sawah Kurung Raya No. 19 Bandung 40252

@kimun666//extrememoshpitaward2021